top of page

Cari Tahu Tentang Video Conference dan Fungsinya di Sini!

Updated: Dec 22, 2021

Pengguna video conference di Indonesia mengalami peningkatan pesat selama 2 tahun terakhir. Meskipun sudah diciptakan puluhan tahun yang lalu, teknologi ini baru digunakan secara masal di Indonesia ketika pandemi Covid-19 menyerang di awal tahun 2020 lalu.


Banyak perusahaan yang bisanya melakukan meeting hingga 5 kali sekali harus berhenti karena kantor ditutup demi keamanan masyarakat. Dan demi memastikan kegiatan dalam perusahaan tetap berjalan, maka meeting secara online jadi satu-satunya alternatif yang bisa dipilih.


Itulah mengapa pengguna video conference di Indonesia sangat meningkat 2 tahun ke belakang. Selain itu, teknologi yang tersedia pun semakin canggih dan bisa digunakan bukan hanya perusahaan namun juga untuk keperluan pribadi.


Cari Tahu Tentang Video Conference dan Fungsinya di Sini!

Oleh karena itu jika Anda belum mulai memanfaatkan teknologi panggilan jarak jauh ini, mari kita pelajari bersama mengenai dasar-dasar online video conferencing dalam artikel berikut.

Apa yang Dimaksud Video Conference?

Dikutip dari situs Life Size, video conference adalah sebuah meeting atau pertemuan dalam bentuk video antara 2 orang atau lebih di lokasi yang berbeda dengan menggunakan perangkat yang bisa menangkap atau menyiarkan video. Dengan teknologi ini, masyarakat bisa melakukan pertemuan dimana mereka bisa saling melihat wajah dan mendengar suara satu sama lain meskipun dalam jarak yang berjauhan.


Teknologi konferensi ini memanfaatkan internet sebagai media mengirimkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Sehingga tidak ada batasan dari segi jarak, bahkan ketika peserta meeting berada di negara yang berbeda.


Bukan hanya perusahaan yang bisa melakukan online conference ini, bahkan masyarakat awam yang hanya ingin bertemu keluarganya dari jarak jauh pun bisa memanfaatkan teknologi yang sama. Sebab alat-alat yang dibutuhkan untuk melaukan meeting online sangat sederhana, di antaranya:

  • Koneksi internet

  • Perangkat yang bisa menampilkan video seperti TV dan layar monitor

  • Perangkat yang bisa merekam video dan suara seperti kamera, webcam, mikrofon

  • Software video conference

  • Perangkat yang bisa dipasang aplikasi video conference

Dan dengan kecanggihan teknologi saat ini, semua syarat tersebut bisa dipenuhi dalam satu perangkat yang dimiliki semua orang, yaitu smartphone. Sebab dengan alat di genggaman tangan tersebut, bisa disambungkan ke internet, merekam video wajah sendiri, melihat video wajah orang lain sevara live di layar, dan dipasang aplikasi video conference.


Karena mengandalkan internet pula, online conference ini membutuhkan sinyal yang stabil bila ingin merasakan kualitas meeting terbaik. Ketika sinyal tidak stabil, maka akan ada gangguan seperti gambar menjadi buram, suara menjadi delay, hingga meeting online berhenti secara mendadak.


Oleh karena itu untuk kebutuhan bisnis dan profesional, kebanyakan perusahaan sudah memasang arsitektur teknologi khusus untuk video conferencing dengan bantuan para ahli seperti Kayreach.

Apa Saja Fungsi Aplikasi Meeting Online?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat ini meeting online dengan memanfaatkan teknologi online conferencing tidak hanya dilakukan oleh kantor dan perusahaan besar saja. Sebab teknologi ini kini dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk bermacam aspek kehidupan, misalnya:

1. Aspek Pendidikan dan Kegiatan Belajar Mengajar

Selama pandemi, anak murid tidak boleh belajar tatap muka di sekolah. Aturan ini berlaku sejak awal Covid-19 masuk Indonesia hingga saat ini.


Pemerintah tentunya tidak ingin generasi muda yang harusnya menjadi penerus bangsa harus sakit karena memaksakan bertatap muka ke sekolah. Di sisi lain, proses belajar-mengajar tidak boleh berhenti jika tidak ingin menghasilkan SDM berkualitas rendah di masa depan nanti.


Itulah mengapa para guru dan hampir semua sekolah maupun perguruan tinggi memilih menggunakan online conferencing untuk memberikan materi kepada para murid. Meskipun sistemnya belum bisa sesempurna ketika pelajaran tatap muka, namun setidaknya kegiatan belajar mengajar tidak berhenti sepenuhnya.


Bahkan sekarang tidak sedikit lembaga yang menyediakan kursus secara online dengan memanfaatkan teleconferencing secara online. Sehingga murid yang dulunya tidak bisa les di bidang yang mereka inginkan karena terkendala jarak kini bisa mengikuti kursus apapun yang diminati.

2. Aspek Sosial

Bidang sosial juga jadi aspek kehidupan yang sangat terbantu oleh teknologi online conferencing. Salah satu contohnya adalah diadakannya acara pengajian online untuk berbagai agama atau adanya acara dan webinar kebudayaan yang dilakukan secara online.

Selain itu, sekarang sudah banyak pula acara sosial seperti arisan online, rapat RT dan RW hingga pertemuan keluarga yang dilakukan secara online.


Dengan begitu hubungan sosial dan tali silaturahmi tidak akan renggang meskipun tidak ada masyarkat yang boleh keluar rumah.

3. Aspek Kesehatan

Teknologi video conference juga sangat membantu untuk segi kesehatan, khususnya dalam masa pandemi seperti saat ini. Sebab jika tidak dalam keadaan yang sangat mendesak, datang untuk berkonsultasi ke rumah sakit justru bisa meningkatkan resiko terserang virus covid.


Oleh karena itu diciptakan teknologi telemedicine yang salah satunya memanfaatkan media online conferencing. Dengan begitu, pasien bisa berkonsultasi mengenai masalah kesehatan mereka tanpa harus datang ke rumah sakit.


Adanya teknologi ini juga mempermudah para dokter dan orang-orang yang bergerak di bidang tenaga kesehatan untuk melakukan sosialisasi baik masalah covid maupun masalah kesehatan lain seperti demam berdarah, kehamilan, dan lain sebagainya.

4. Untuk Kebutuhan Pribadi

Yang terakhir, teknologi online conference juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi. Salah satu contohnya adalah untuk bertemu dengan keluarga atau teman yang jaraknya jauh.


Dengan menggunakan video conference, Anda juga bisa mendapatkan teman dari luar negeri tanpa harus terbang ke negara mereka.

Apakah Zoom Aplikasi Video Conference Terbaik?

Apakah Zoom Aplikasi Video Conference Terbaik?

Zoom memang menjadi satu dari sekian banyak aplikasi video conference yang tersedia saat ini. Meskipun banyak pilihan aplikasi lainnya, namun ada beberapa alasan mengapa Zoom dianggap sebagai aplikasi meeting online terbaik, di antaranya:

  1. Punya tampilan yang mudah dimengerti dan bisa dioperasikan oleh semua orang

  2. Terdapat fitur dimana admin atau host bisa memantau kinerja perangkat para partisipan

  3. Kualitas video dan audio yang ditampilkan sangat jernih

  4. Adanya fitur Screen Sharing dan Remote Control yang memudahkan presentasi dan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain

  5. Dapat digunakan di semua perangkat dengan nyaman, baik komputer, Android, iOS maupun Mac

  6. Murah dan banyak pilihan paket harga

  7. Ruangan meeting bisa disiapkan dengan mudah tanpa harus paham dunia IT secara mendalam

Bisa dibilang, Zoom dikembangkan khusus agar bisa digunakan oleh semua orang, bahkan orang-orang yang tidak biasa menggunakan teknologi dan internet sekalipun. Dengan begitu, semakin banyak masyarakat yang bisa terbantu oleh teknologi conferencing ini.

Selain itu, Zoom juga sudah dikembangkan sejak tahun 2011. Artinya sudah sekitar 10 tahun aplikasi ini membantu kehidupan masyarakat di seluruh dunia.


Di Indonesia sendiri, Zoom sudah memiliki partner resmi yaitu Kayreach. Sehingga menggunakan Zoom untuk conferencing dalam skala besar, baik untuk webinar maupun dengan integrated hardware, jadi jauh lebih mudah, lebih murah, dan lebih cepat.

Bagaimana Cara Membuat Video Conference yang Profesional untuk Perusahaan?

Menggunakan aplikasi Zoom di HP atau laptop memang sudah cukup untuk mengadakan rapat online. Namun untuk kebutuhan profesional, bisnis, dan perusahaan, rapat harus dilakukan dengan peralatan yang lebih canggih agar pesan dari semua orang bisa didengar dan disampaikan tanpa ada gangguan sinyal dan perangkat yang lemot.


Kayreach bisa membantu perusahaan memasang perangkat untuk online conference yang lebih profesional dengan integrated video conference architecture. Kayreach sudah berpengalaman dalam membuat arsitektur untuk online meeting dalam bentuk stand alone room maupun complex meeting room integration.


Mereka sudah melayani berbagai macam instansi dan lembaga besar dalam negeri seperti KPK, BPJS, Polda Metro Jaya, dan masih banyak lagi. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap, contohnya:

  • Multi tracking camera

  • Speaker dan mikrofon berkualitas tinggi

  • Meeting room scheduling facility

  • Bantuan untuk menyambungkan dengan perangkat-perangkat tambahan lainnya untuk kebutuhan meeting

Selain itu, Kayreach juga menjadi partner resmi Zoom. Sehingga pengurusan dan pembelian paket Zoom untuk video conferencing akan lebih mudah bersama mereka.

Itulah dia pembahasan mengenai video conference beserta kegunaannya. Ternyata, di era pandemi ini teknologi yang bisa mempertemukan dua orang atau lebih dengan jarak yang jauh sangat membantu. Baik untuk kebutuhan pekerjaan, pendidikan, silaturahmi, bahkan untuk sekedar melepas rindu dengan orang terdekat.


bottom of page