top of page

Apa Itu Zoom Partner Certified Integrator?

Meningkatnya pengguna Zoom sejak tahun 2020 membuat perusahaan asal Amerika Serikat ini membuat program Zoom Partner Certified Integrator. Sehingga orang-orang yang menggunakannya bisa merasakan fitur-fitur dalam aplikasi ini dengan lebih maksimal.


Sejak awal pandemi lalu, masyarakat memang mulai banyak menggunakan aplikasi meeting online. Sebab pertemuan secara langsung sangat dibatasi demi mencegah penularan virus. Sehingga terjadilah peralihan dari rapat dan pertemuan yang awalnya hanya dilakukan secara fisik menjadi secara online.

Apa Itu Zoom Partner Certified Integrator?

Melihat perkembangan ini, Zoom meluncurkan sebuah program partnership agar semua orang bisa merasakan kemampuan paling maksimal dari program ini. Karena ternyata, belum semua fitur yang disediakan oleh Zoom bisa kita rasakan, khususnya oleh masyarakat di Asia Tenggara.

Apa itu Zoom Partner Certified Integrator?

Melihat gelombang peningkatan pengguna Zoom yang meningkat di seluruh dunia, Zoom membuat sebuah program partnership agar produknya bisa dinikmati oleh masyarakat yang lebih luas, termasuk di Indonesia. Perusahaan atau lembaga yang bekerja sama secara resmi dengan Zoom akan mendapatkan sertifikat Zoom Partner Certified Integrator.


Di Indonesia, ada Kayreach yang menjadi salah satu instansi yang mendapatkan sertifikasi Zoom Partner Certified Integrator ini. Kayreach bergerak di bidang pembuatan arsitektur Unified Communication, Command Center & Public Security, Data Center Architecture, dan Network Security Architehture.


Mereka sudah melayani berbagai perusahaan besar dalam negeri hingga instansi pemerintahan seperti BRI, KPU, Bawaslu, dan masih banyak lagi.


Program Zoom Partner Certified Integrator sendiri terdiri dari berbagai macam kerja sama, di antaranya:

  • Zoom Partner Authorized Reseller

  • Zoom Partner Advisory Council

  • Zoom Phone Certified Integrator

  • Zoom Technical Product Training

  • Zoom Rooms Qualified Sales Specialist

Untuk lebih jelasnya untuk jenis-jenis partnership dan certification ini, mari kita bahas satu per satu.

1. Zoom Partner Authorized Reseller

Zoom Partner Authorized Reseller merupakan program kerja sama resmi yang diberikan kepada perusahan sebagai izin menjual atau membantu masyarakat yang ingin membeli salah satu produk dari Zoom.


Sederhananya, program kerja sama ini mirip dengan progam distributsi antara produsen, dalam kasus ini adalah Zoom, dan distributor.


Seperti yang Anda ketahui, tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengerti bagaimana cara berlangganan program Zoom secara resmi. Salah satu alasannya adalah karena pembayarannya harus menggunakan kartu kredit.


Sedangkan sekolah di pedesaan yang tidak memiliki akses ke kartu kredit sama sekali tetap membutuhkan program ini untuk memastikan KBM bisa berlangsung dengan aman. Kebanyakan dari mereka jadinya menggunakan versi gratis yang mana sangat banyak pembatasannya.


Oleh karena itu, dibuatlah program Authorized Reseller agar semua masyarakat di Indonesia bisa menikmati layanan dan fasilitas Zoom sepenuhnya dan membayar menggunakan kurs Rupiah tanpa perlu menggunakan kartu kredit.

2. Zoom Phone Certified Integrator

Kini, Zoom memiliki produk baru bernama Zoom Phone. Dengan layanan ini sebuah perusahaan bisa memiliki sistem Unified Communication yang lebih simpel dan serba guna.

Sebab dengan satu Zoom Phone, semua jalur komunikasi baik internal maupun eksternal akan disediakan dalam satu platform yang bisa diakses dari perangkat apa saja.


Zoom juga memberikan sertifikasi Zoom Phone Certified Integrator untuk para partner resmi yang memberikan layanan Zoom Phone kepada masyarakat.


Dengan begitu, masyarakat yang bisa merasakan kemudahan dari layanan Zoom Phone ini akan semakin luas. Perusahaan-perusahaan di Indonesia maupun luar negeri juga jadi bisa memperbaiki arsitektur komunikasi mereka serta meningkatkan produktivitas hingga berkali-kali lipat.

3. Zoom Technical Product Training

Zoom Technical Product Training adalah sertifikasi yang diberikan kepada para partner yang telah mengikuti program pelatihan Technical Training resmi yang disediakan oleh Zoom.

Seperti yang sudah disampaiakn sebelumnya, aplikasi Zoom memiliki banyak fasilitas dan fitur yang sangat membantu dalam proses meeting online maupun pembelajaran. Salah satu contohnya adalah Zoom Whiteboard.


Tapi tidak banyak yang menggunakan, bahkan tahu adanya fitur tersebut. Sebab kebanyakan tutorial yang tersebar di internet hanya membahas bagaimana cara membuat room di Zoom saja. Padahal Zoom sendiri menyediakan video tutorial lengkap di website resminya.


Itulah mengapa, perusahaan yagn mengikuti program partnership diberikan sebuah pelatihan khusus yang membahas masalah technical dari aplikasi ini. Sehingga mereka bisa mengoperasikan dan memanfaatkan semua fasilitasnya semaksimal mungkin dan menjelaskan kembali kepada tiap konsumen yang mereka tangani.

Apa itu Zoom Partner Certified Integrator?

4. Zoom Rooms Qualified Sales Specialist

Pengguna Zoom di Indonesia memang sudah menjamur, baik untuk penggunaan pribadi, untuk kebutuhan sekolah, hingga, untuk kebutuhan profesional baik bisnis kecil maupun besar.


Tetapi seperti yang sudah dikatakan tadi, sebagian besar dari mereka belum menganggap Zoom dan telecomunication sebagai sebuah kebutuhan.


Itulah mengapa Zoom membuka peluang kerja sama dan sertifikasi bernama Zoom Rooms Qualified Sales Specialist untuk menggandeng lebih banyak bisnis kecil hingga besar untuk memanfaatkan aplikasi ini dengan lebih maksimal.


Parnter yang sudah memiliki sertifikasi ini artinya punya sales yang paham akan produk-produk Zoom secara mendalam dan bisa menjelaskan kepada konsumen sedetail mungkin.

Secara tidak langsung, para partner Zoom ini akan membantu meningkatkan produktivitas perusahaan dengan cara memperkenalkan sistem remote working ke masyarakat yang lebih luas. Sebab dikutip dari situs Forbes, remote working atau WFH (Work From Home) menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan produktivitas individu dan bisnis.


5. Zoom Partner Advisory Council

Selain Authorized Reseller, Zoom juga memiliki program Global Partner Advisory Council.

Program ini merupakan tempat berkumpulnya para partner dari Zoom lain untuk saling bertukar feedback, ilmu, dan pendapat masing-masing yang bisa membantu perkembangan layanan Zoom atau bahkan membuat teknologi Unified Communication bisa menjangkau lebih banyak orang.


Zoom Partner Advisor Council ini lebih cocok bila disebut sebagai sebuah forum resmi yang dibuat oleh Zoom.


Di sini, semua yang sudah menjadi bagian dari program partnership bisa menyampaikan aspirasinya untuk masalah layanan, fasilitas, dan lain sebagainya.


Program ini dibuat untuk memastikan semua kritik & saran yang masuk dari pelanggan ke partner Zoom bisa tersampaikan dan menjadi bahan evaluasi agar aplikasi ini bisa membantu hidup lebih banyak orang.

Apa Manfaat Zoom Partner Certified Integrator?

Sebagian dari Anda mungkin berpikir, apa fungsinya Zoom Partner Certified Integrator? Rasanya kebanyakan dari manfaat program ini hanya untuk menguntungkan partner dan perusahaan saja.


Memang Zoom Partner Certied Integrator bisa memberi dampak positif yang cukup besar untuk sebuah perusahaan penjalin kerja sama. Tetapi, Anda sebagai konsumen pun bisa mendapatkan manfaat yang tidak kalah besar.


Nah, berikut ini kami akan jelaskan apa saja manfaat program kerja sama ini untuk perusahaan maupun untuk masyarakat sebagai pengguna.

Manfaat Zoom Certified Integrator untuk Perusahaan

Sebagai perusahaan yang sudah bekerja sama dengan Zoom, Anda akan mendapatkan sertifikasi dan badge yang bisa dipajang di banner, poster promosi, dan di website atau media sosial.


Ketika dilihat oleh calon konsumen, badge resmi ini akan membuat mereka semakin yakin karena produk yang akan mereka gunakan sudah bekerja sama langsung dengan perusahaan international seperti Zoom. Sebagai konsumen, Anda pastinya juga lebih memilih perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan besar, dibandingkan perusahaan baru yang kesannya masih abu-abu.


Selain itu, Anda juga bisa mengetahui update bila ada produk terbaru serta mendapatkan traning resmi dari Zoom agar bisa memanfaatkan semua produk mereka dengan maksimal.

Manfaat Zoom Partnership untuk Konsumen

Untuk konsumen, program Zoom Partnership ini akan mempermudah masyarkat dalam menjangkau dan menggunakan produk Zoom untuk berbagai macam kebutuhan.

Sekolah-sekolah dan tempat kursus yang awalnya tidak bisa menggunakan layanan Zoom sepenuhnya kini bisa memanfatkan seluruh fasilitas yang ada pada aplikasi ini berkat adanya reseller resmi.


Selain itu, para pemilik bisnis kecil dengan anggota kurang dari 20 orang juga bisa memaksimalkan kerja SDM-nya dalam melakukan remote working melalui para qualified sales.


Jika lembaga-lembaga resmi pemerintah sudah menggunakan Zoom Phone dan memperbaiki komunikasi eksternalnya, maka aduan masyarakat akan semakin mudah untuk disampaikan melalui berbagai jalur komunikasi.

Seperti itulah penjelasan singkat mengenai Zoom Partner Certified Integrator. Selain program partnership yang disebutkan di atas, masih banyak lagi kerja sama yang dibuka oleh Zoom untuk perusahaan di seluruh dunia.



bottom of page