Mengenal Jenis-jenis Command Centre dan Fungsinya

Command centre merupakan salah satu bagian terpenting yang ada dalam gedung atau perusahaan. Beberapa dari Anda mungkin belum pernah melihat wujud ruangan ini secara nyata, tapi pasti Anda pernah melihatnya di film atau animasi.


Dalam beberapa tempat, ruangan command centre juga disebut dengan nama Control Room. Dan seperti namanya sendiri, ruangan ini digunakan untuk mengontrol keadaan apapun yang sedang terjadi pada perusahaan tersebut.

Mengenal Jenis-jenis Command Centre dan Fungsinya

Tidak semua gedung memiliki ruangan ini. Tapi biasanya, setiap perusahaan atau lembaga pemerintahan punya 1 atau 2 control room yang disebar di beberapa daerah serta salah satunya di kantor pusat.


Untuk lebih memahami tentang Command Centre room, mari kita bahas apa pengertian dan fasilitas di dalamnya di sini.

Apa itu Command Centre?

Berdasarkan situs Data Projections, Command Centre adalah ruangan khusus dalam gedung yang digunakan oleh perusahaan dalam menangani sebuah krisis atau disebut crisis management. Jika dalam film, krisis yang dimaksud disini bisanya krisis yang mengancam keamanan suatu negara dan semacamnya.


Tapi di dunia nyata, krisis yang terjadi adalah yang mengancam keberlangsungan sebuah perusahaan alias business continuity management. Misalnya ketika ada bencana alam atau perubahan pasar karena pengaruh eksternal yang bisa mengancam perusahaan.


Karena dibutuhkan pengambilan keputusan yang akurat, maka dibutuhkan teknologi untuk menganalisa dan menyajikan data yang akurat pula. Oleh karena itu, ruangan ini harus dilengkapi dengan teknologi yang bisa menampilkan audio dan visual dengan jelas.

Selain itu ruangan ini juga memegang peranan yang sangat penting untuk sebuah perusahaan. Oleh karena itu pembangunan control room tidak bisa dilakukan di sembarang tempat.


Jika sebuah perusahaan memiliki lebih dari 2 cabang, biasanya Control Room dibangun di kota yang memiliki resiko bencana alam paling kecil. Bukan hanya itu, keamanan dari ruang ini tentunya juga harus diperkuat, baik dari segi keamanan fisik maupun keamanan data digital seperti untuk server dan data center.


Perusahaan yang ingin membangun lebih dari 2 command centre biasanya akan memilih 2 kota yang berbeda dengan salah satunya di HQ (Headquarter) alias kantor pusat.

Tipe-Tipe Command Center

Meskipun jika dilihat dari jauh semua Command Center punya bentuk yang sama, tapi dikutip dari Wikipedia, ada banyak jenis ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda.

Nah, berikut ini kita akan bahas beberapa jenis Control Room beserta fungsinya.

1. Data Center Management

Data Center Management adalah ruang yang digunakan khusus untuk memantau dan me-manage data dibutuhkan agar sebuah aktivitas bisnis bisa terus berjalan. Ruangan ini juga digunakan untuk melakukan analisa sebelum membuat sebuah keputusan atau rencana di masa mendatang.


Data Center Management biasanya dibutuhkan oleh sebuah perusahaan atau lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang layanan masyarakat skala nasional hingga internasional.


Umumnya ruangan ini terbuat dari satu komputer besar atau sekumpulan komputer-komputer kecil yang ditempatkan di satu ruangan dan menyajikan data di satu layar besar. Salah satu contohnya seringkali digunakan dalam momen Pemilu dan Pemilihan Presiden sebagai tempat menghitung suara.

2. Business Application Management

Selanjutnya ada Business Application Management, yaitu jenis Control Room yang digunakan untuk mengawasi jalanya sebuah aplikasi. Aplikasi yang dimaksud disini bukanlah perangkat lunak atau aplikasi yang dipasang di HP, melainkan sebuah operasi sebuah bisnis yang sangat penting untuk pelanggan maupun untuk perusahaan itu sendiri.


Di dalam ruangan ini, aplikasi bisnis harus terus di monitor agar berjalan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu aplikasi juga di-update dan di-maintenance di ruangan yang sama.

3. Civil Management

Civil Management adalah salah satu jenis Control Room yang paling banyak dibuat di Indonesia. Sesuai dengan namanya, ruangan ini digunakan untuk kebutuhan pelayanan masyarakat.


Pelayanan yang diberikan mungkin tidak akan dirasa secara langsung oleh masyarakat. Sebab Civil Management juga berfungsi untuk memastikan masyarakat bisa hidup dengan nyaman dari ancaman apapun dengan cara memonitor dan mengeliminasi ancaman tersebut sebelum disadari.


Salah satu contoh ruangan ini bisa Anda lihat di kantor BMKG, dimana para staff bertugas untuk mengawasi fenomena dan perubahan cuaca yang terjadi di daerah masing-masing. Sehingga mereka bisa membagikan data mengenai prakiraan cuaca, bila akan terjadi fenomena seperti gerhana bulan atau bintang, hingga membagikan informasi bila akan terjadi hujan meteor.

4. Emergency & Crisis Management

Terakhir, ada ruangan Emergency & Crisis Management. Ruangan inilah yang sering Anda lihat di film-film dengan tema militer.


Tapi seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Emergency & Crisis Management Room ini bukan hanya ada sebagai fasilitas militer saja. Kini perusahaan pun sudah membutuhkan ruangan yang sama untuk kebutuhan pengambilan keputusan di saat yang paling krusial untuk keberlangsungan bisnis mereka.

Fasilitas yang Wajib Ada Dalam Command Centre

Fasilitas yang Wajib Ada Dalam Command Centre

Fasilitas yang melengkapi Control Room sebenarnya harus disesuaikan dengan fungsi utama dari ruangan tersebut. Tetapi, selalu ada beberapa fasilitas yang wajib dimiliki oleh setiap Command Centre, di antaranya:

1. Voice Communication System

Dalam Voice Communication System, Video Conferencing menjadi fasilitas yang paling wajib dimiliki oleh semua Control Room. Sebab fasilitas ini memudahkan staff dalam ruangan untuk berkomunikasi dengan kantor cabang lain ataupun dengan staff yang beroperasi di lapangan.


Dalam kasus business continuity management, video conferencing digunakan untuk berkomunikasi dengan stakeholder agar bisa ikut berdiskusi meskipun tidak sedang di lokasi.


Selain video conferencing, ada juga beberapa fasilitas lain yang berkaitan dengan Voice Communication System, seperti:

  • Radio amatir

  • Satelit

  • Seluler

  • VoIP

  • Public switched telephone network

2. Text & Data Communication System

Selanjutnya, Control Room juga membutuhkan sistem komunikasi melalui text.

Salah satu kegunaan sistem komunikasi ini juga untuk berkomunikasi dengan pihak luar secepat mungkin. Contohnya ketika ada bencana yang berpotensi tsunami, Control Room bisa mengirimkan SMS broadcast ke seluruh masyarakat di sekitar daerah bencana sebagai peringatan agar segera mengungsi.


SMS bukan satu-satunya sistem komunikasi berbasis teks yang wajib ada di Control Room. Karena setiap ruangan wajib dilengkapi dengan fasilitas seperti berikut

  • Instant Messaging Apps

  • Fax

  • Email

3. Security System

Fungsi sebuah Control Room ini sangat penting untuk sebuah perusahaan atau lembaga. Oleh sebab itu, dibutuhkan sistem keamanan tingkat tinggi yang bisa menjamin keamanan semua staff, fasilitas, dan data yang ada di dalam ruangan tersebut.


Umumnya tiap Command Centre dilengkapi dengan fasilitas keamanan seperti berikut.

  • Tempat pemeriksaan fisik

  • Lobi penerima tamu

  • Sistem penggunaan KTP atau kartu izin masuk ke dalam ruangan

  • CCTV

  • Sistem pemadam kebakaran

Di era modern seperti saat ini, biasanya Control Room juga dilengkapi dengan sistem keamanan siber khusus. Sehingga data yang ada di dalam ruangan bisa diamankan dari serangan cyber.

4. Power System

Power System yang digunakan di Control Room adalah yang paling tinggi dibandingkan ruangan lainnya. Biasanya, setiap ruangan Command Centre harus bisa tetap beroperasi minimal 7 hari tanpa ada listrik dari luar. Sehingga bila terjadi bencana alam sampai listrik tidak bisa dialirkan sama sekali, Control Room bisa tetap beroperasi untuk melayani masyarakat.


Komputer yang digunakan dalam Control Room juga dilengkapi oleh Redundant Power System. Biasanya fasilitas ini wajib ada di ruangan yang berfungsi untuk Crisis and Emergency Management.


Redundant Power System adalah sebuah sistem yang membuat komputer beroperasi menggunakan 2 power system atau listrik. Sehingga bila 1 power system mati, komputer bisa tetap berjalan tanpa ada data yang hilang. Dengan begitu tidak akan ada downtime sama sekali.

Siapa yang Bisa Membuat Command Centre

Mengingat fungsinya yang sangat krusial, tentunya Command Centre tidak bisa dibuat oleh tukang atau proyek borongan yang sembarangan. Dibutuhkan pemahaman tentang apa fungsi dari ruangan ini serta fundamental yang tepat agar ruangan bisa tetap beroperasi dalam kondisi apapun.


Oleh karena itu, Kayreach siap membantu Anda dalam melengkapi fasilitas perusahaan dengan Command Centre terbaik.


Kayreach sudah berpengalaman dalam membuat ruangan Control Room untuk banyak perusahaan dan lembaga pemerintahan yang beroperasi dan memberikan layanan skala nasional..

Setelah tahu apa itu Command Centre, sekarang waktunya untuk Anda merencanakan pembuatan ruangan ini di kantor sendiri. Jangan lupa juga untuk membuat Control Room sesuai dengan fungsinya.